Rabu, 04 Juni 2014

on

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya di bagian 1, secara sederhana tentang tahap-tahap mendesain dan menghitung proses pembangunan sebuah  rumah setelah, menghitung struktur bangunan, ,ahli teknik sipil biasanya kemudian menggambar desain struktur dan detailnya.
Jika pekerjaan diatas telah selesai, maka mulai dihitung volume masing-masing item pekerjaan. Kemudian dicari koefisien analisa harga satuan untuk mengetahui, berapa nilai rupiah tiap satu item pekerjaan.
Jika semua sudah ada barulah masuk ke dalam perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Perlu diingat bahwa perhitungan harus ditambah dengan faktoe keamanan.
Setelah perhitungan RAB selesai maka akan terlihat berapa sesungguhnya biaya pembangunan rumah tersebut.
Tahap terakhir  dalam desain dan hitung pembangunan sebuah rumah adalah menghitung kebutuhan material. dalam bahasa konstruksi biasanya disebut dengan perhitung BQ (Bill of Quantity).Perannya adalah mentransformasi antara satuan yang ada di RAB dengan satuan material di lapangan.
demikian sekitas uraian singkat tentang proses desain dan perhitungan proses pembangunan rumah, yang biasa terjadi di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar anda disini

LINTAS DIMENSI melayani jasa desain dan perhitungan anggaran bangunan (rumah) secara online dengan anggaran yang terbatas. dengan pengalaman team lebih dari 10 tahun, kami dapat membantu anda mewujudkan impian memiliki rumah impian anda. Info lebih lanjut Klik Disini