Kamis, 05 Februari 2015

on
Biaya untuk memiliki sebuah rumah sangatlah besar. Tidak semua orang mampu membeli secara tunai. Salah satu cara yang kita kenal adalah mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) melalui bank. Disini  hanya akan dibahas tentang membeli rumah baru lewat developer.
 
 
Bila rumah yang kita incar ternyata tidak dibangun oleh pihak yang tidak bekerja sama dengan bank, maka kita dapat mengajukan sendiri KPR langsung ke Bank. Hal ini juga berlaku untuk pembelian rumah second. Perlu diketahui, bahwa untuk membeli rumah lewat KPR, ada 2 pihak yang terkait di dalamnya, yaitu bank dan developer/pengembang perumahan. Keduanya adalah lembaga yang berbeda dan memiliki tanggung jawab masing-masing. Biasanya developer bekerjasama dengan bank, untuk menarik dan mempermudah konsumen/pembeli rumah yang mereka bangun. Semakin banyak bank yang bekerjasama dengan sebuah developer, berarti developer itu semakin kredibel. Langkah-langkah yang biasanya dilakukan dalam membeli rumah lewat KPR antara lain :
  • Memilih rumah yang akan dibeli. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih rumah KPR. Contohnya adalah harga, lokasi dan fasilitas lingkungan yang dimiliki oleh perumahan yang kita incar. Informasi rumah yang bisa di-KPR-kan biasanya ada di brosur, pameran,media massa, internet atau dari kolega dan keluarga kita sendiri. Kita juga bisa bertanya ke bank tentang rumah yang tersedia untuk KPR. Carilah beberapa alternatif perumahan yang sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Cari informasi sedetail mungkin tentang rumah yang kita minati. tanyakan tentang harga, uang muka,dan booking fee ,lihat desain dan denahnya,lihat lokasi secara detail, apakah rumah ready stock, masih terbangun, atau baru akan dibangun setelah ada uang muka, tanyakan berapa lama rumah akan dibangun dan bagaimana proses kreditnya, cek fasilitas yang sudah ada dan yang dijanjikan.
  • Bayar booking fee. Tiap developer punya aturan sendiri soal booking fee ini. lalu bayar uang muka. Ada developer yang menjadikan booking fee sebagai bagian uang muka, sehingga anda hanya tinggal membayar siasa uang muka setelah dikurangi booking fee. Tapi ada yang menetapkan bahwa uang booking fee sendiri, uang muka sendiri.
  • Mengajukan kredit. Oleh developer, kita diarahkan untuk mencoba mengajukan kredit ke bank yang menjadi rekanan mereka. Developer akan mengurus semua pengajuan kredit ke Bank, setelah uang muka dilunasi. Jika bank yang dipilih, bukan rekanan developer, biasanya kita diminta mengajukan kredit sendiri. Syarat pengajuan KPR bisa dilihat disini. Perhatikan bahwa bank sangat memperhatikan profil keuangan dan  cashflow bulanan kita. Total cicilan tidak boleh lebih dari 30% total penghasilan. Akan ada survey dan wawancara dari pihak bank
  • Jika pengajuan kredit anda disetujui, maka rumah akan segera dibangun, untuk rumah yang belum ready stock. Bagi rumah yang sudah terbangun, akan dilakukan akad kredit. Untuk itu anda harus menyediakan dana lagi untuk proses administrasi akad, seperti pajak, provisi, asuransi, notaris dan lain-lain
  • Jika pengajuan anda ditolak, maka anda dapat mengajukan kredit di bank lain, mencari rumah yang lebih murah, atau mengumpulkan uang muka yang lebih besar.
Demikian sekelumit tahapan membeli rumah lewat KPR.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar anda disini

LINTAS DIMENSI melayani jasa desain dan perhitungan anggaran bangunan (rumah) secara online dengan anggaran yang terbatas. dengan pengalaman team lebih dari 10 tahun, kami dapat membantu anda mewujudkan impian memiliki rumah impian anda. Info lebih lanjut Klik Disini