Sabtu, 06 Desember 2014

on
Sudah bukan rahasia lagi, membuat rumah memakan biaya yang sangat besar. Membuat rumah yang murah terasa seperti khayalan saja.Namun penghematan dalam pembangunan rumah murah, termasuk yang beraliran minimalis, bisa saja dilakukan. Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam desain rumah murah minimalis tersebut.


  1. Gunakan arsitek dan perencana struktur yang terpercaya dan berpengalaman. Kesan bahwa menggunakan tenaga arsitek adalah mahal dan esklusif, sesungguhnya tidak sepenuhnya benar. Penetapan harga sangat tergantung dengan pengalaman, gaya desain dan jam terbang si arsitek. Persaingan antar arsitek juga semakin ketat. Dengan menggunakan arsitek, pembangunan menjadi terkonsep, termanajemen secara benar dan layak secara struktur, kenyamanan dan keamanan. Rumah yang terdesain dengan baik akan mempengaruhi kualitas hidup jangka panjang.
  2. Untuk rumah dengan budjet terbatas, lakukan desain struktur terlebih dulu. Biaya struktur memakan prosentase sekitar 40-50 % dari biaya keseluruhan. Berbeda dengan rumah berbiaya besar, yang desainnya dimulai dari perancangan arsitektur lebih dahulu.
  3. Pemilihan alternatif bahan bangunan yang lebih murah.Diperlukan pengalaman dan kreatifitas dalam pemilihan bahan ini, agar harga murah tidak mengorbankan kualitas rumah minimalis. Disini sekali lagi perencana desain rumah sangat berperan memberikan alternatif murah tapi aman, indah dan berumur relatif panjang. Penggunaan material daur ulang atau bambu yang telah diproses tertentu sebagai pengganti baja tulangan, adalah contoh dari modifikasi desain oleh arsitek.

1 komentar:

Silahkan mengisi komentar anda disini

LINTAS DIMENSI melayani jasa desain dan perhitungan anggaran bangunan (rumah) secara online dengan anggaran yang terbatas. dengan pengalaman team lebih dari 10 tahun, kami dapat membantu anda mewujudkan impian memiliki rumah impian anda. Info lebih lanjut Klik Disini