Selasa, 12 Januari 2016

on
Dalam membangun rumah, biasanya pemilik mengerahkan seluruh daya kemampuan untuk mewujudkan apa yang dia inginkan. Tetapi di negara berkembang seperti di Indonesia, yang mayoritas penduduknya berpenghasilan menengah ke bawah, memiliki sebuah rumah terasa begitu berat, karena memerlukan kemampuan finansial yang tidak sedikit. Dengan penghasilan terbatas, diperlukan pengetahuan khusus agar membangun rumah bisa lebih hemat dan murah dengan biaya terjangkau dan realistis.

Paling tidak ada tiga hal penting menurutnya yang harus dipenuhi dalam membuat rumah murah, yaitu penggunaan tenaga perencana struktur serta arsitek  guna pelaksanaan yang terkonsep berdasar spesifikasi material yang murah namun tetap indah dan layak.
Hal pertama, diakui masih ada masyarakat yang berpikiran salah mengenai arsitek. Masyarakat menganggap  jasa arsitek itu terlalu mahal dan biaya desain sebuah rumah sampai pembangunan pasti akan murah jika tidak melibatkan arsitek. Pemikiran seperti itu tidaklah benar, diakui jasa arsitek masih terkesan eksklusif, tapi ini akan mencegah pelaksanaan sebuah pembangunan menjadi terkonsep serta bisa dimanajemen secara benar, tentunya kita harus pintar-pintar memilih arsitek( Yu Sing).
Perlu diketahui, tidaklah semua arsitek menetapkan tarif tinggi. Saat ini umumnya sang  arsitek memberikan jasanya dengan tarif yang sesuai dengan kemampuan sipemilik, karena persaingan yang cukup tinggi dikalangan arsitek itu sendiri. Dengan memakai jasa arsitek, lanjut Yu Sing, masyarakat bisa menghemat biaya karena si-arsitek dapat membantu dalam mendesain serta membuat struktur, ruangan, dan pemilihan material yang efektir dan efisien.  Jika anda menggunakan jasa arsitek, maka juga membantu Anda dalam membuat desain rumah yang murah namun benar dan layak dalam segala hal termasuk dalam hal struktur.
“Rumah tinggal yang di-desain dengan benar dan baik, bisa mempengaruhi karakter serta hidup seseorang menjadi lebih berkualitas dan positif. Begitupun dalam konteks sebaliknya. Kalau selama ini rumah anda tidak tertata dan didesain secara sembarangan dan terkesan sempit, sikap hidup juga bisa terpengaruh menjadi sumpek, tidak berkualitas, ini namanya bukan  rumah yang layak” ujar Yu Sing.
Hal lain yang harus dipenuhi ialah perencanaan sebuah struktur. Berbeda dengan desain rumah dengan anggaran dana lebih, desain yang rumah murah justru dimulai dari desain sistem strukturnya terlebih dahulu, jadi bukan dimulai dari desain arsitekturnya.
Sistem untuk struktur yang efisien sangatlah menentukan anggaran konstruksi sebuah rumah, karena umumnya biaya struktur rumah berkisar bernilai antara 40-50 persen dari biaya keseluruhan. Sebagai contoh adalah merencanakan struktur atap rumah atau bangunan bisa menggunakan bahan alternatif untuk penutup atap, agar atap tidak berat, sehingga rangka atap bisa lebih murah.
Selain itu juga, kalau rumah memiliki bentang tidak lebih dari 400 cm, maka tidak perlu struktur kuda-kuda, hanya sopi-sopi.  Jarak tinggi perlantai atau antara lantai satu dengan dua sebenarnya cukup hanya 250 cm jika memiliki bukaan serta ventilasi cukup untuk ukuran ruangnya. Hal ini dapat menghemat biaya struktur kolom, dinding, serta tangga. Struktur lantai untuk dua tingkat juga dapat menggunakan multipleks yang dapat dilapisi cor semen tipis dengan pelapis keramik. Struktur seperti ini akan lebih ringan dibandingkan dengan lantai beton sehingga kolom dan balok penyangganya bisa kita buatkan jauh lebih kecil.
Hal yang tak kalah penting dalam memperkecil atau cara membuat rumah murah  ialah penggunaan/pemilihan bahan bangunan dengan harga cukup murah. Pada artikel Tips membuat rumah murah ini, sangat banyak material mendasar atau murah bisa menjadi menarik atau bisa berfungsi optimal dengan trik serta keahlian tersendiri. Sebagai contoh: bata merah saja banyak sekali kemungkinan cara untuk menyusunnya. Dipasang seperti biasa, atau diberi jarak antara bata merahnya hingga dindingnya berlobang-lobang, atau bata bisa dipasang dengan variasi susunan satu bata serta setengah bata, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar anda disini

LINTAS DIMENSI melayani jasa desain dan perhitungan anggaran bangunan (rumah) secara online dengan anggaran yang terbatas. dengan pengalaman team lebih dari 10 tahun, kami dapat membantu anda mewujudkan impian memiliki rumah impian anda. Info lebih lanjut Klik Disini