Selasa, 19 Mei 2015

on
Tak bisa dipungkiri, bahwa kemampuan alam untuk menopang kebutuhan hidup manusia semakin terbatas. Salah satu usaha manusia untuk memperpanjang daya dukung alam tersebut adalah dengan menghemat energi yang kita gunakan.


Dalam proses desain sebuah rumah, penghematan energi juga dapat diterapkan. Langkah penghematan energi pada sebuah rumah, sepintas lalu dianggap sebagai usaha yang mahal. Misalnya biaya pemasangan sumber listrik solar cell, jauh lebih besar daripada memasang listrik dari PLN yang bersumberkan energi batubara atau solar. 
Sesungguhnya penghematan energi pada sebuah rumah, dapat dimulai dari hal yang sederhana. Beberapa cara yang bisa anda lakukan antara lain:
  • Memilih produk hemat energi, misalnya lampu LED dan penggunaan shower di kamar mandi. Terlihat mahal di awal, tetapi, dalam jangka waktu lama, akan menghemat energi yang sangat besar.
  • Memilih bentuk, posisi arah bukaan dan ukuran jendela dan ventilasi yang pas. Hal ini dapat menghemat penggunaan lampu dan AC.
  • Menggunakan furniture yang ramah lingkungan atau bersertifikasi ramah lingkungan, misalnya dari bambu, papan biokomposit atau kayu daur ulang untuk lemari dapur.
  • Memelihara pemipaan anda dengan baik. Membuat sistem pengolahan limbah rumah tangga yang lebih tertata,sehingga tidak perlu membuang limbah air kotor ke saluran umum.
  • Gunakan produk lantai yang ramah lingkungan. Seandainya harus menggunakan kayu, pilihlah kayu olahan. 
Demikian sekilas tips untuk menghemat penggunaan energi di dalam rumah. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar anda disini

LINTAS DIMENSI melayani jasa desain dan perhitungan anggaran bangunan (rumah) secara online dengan anggaran yang terbatas. dengan pengalaman team lebih dari 10 tahun, kami dapat membantu anda mewujudkan impian memiliki rumah impian anda. Info lebih lanjut Klik Disini