Rabu, 15 April 2015

on
Istilah trend dalam arsitektur terkadang mengundang banyak pertanyaan. Mengingat karya arsitektur dibuat untuk jangka waktu lama, maka kata trend ini terasa lebih cocok digunakan pada karya desain fashion atau karya seni yang lainnya. 


Sejak zaman dahulu kala, karya arsitektur memiliki gaya tertentu yang mewakili gaya hidup masyarakat pada tiap era yang dilaluinya. Ada gaya Baroque, Modern, Post Modern dan lain-lain.
Trend desain minimalis pada saat ini yang menjadi sebuah fenomena yang sangat kuat. Perlu ada penelitian lebih lanjut apa yang menyebabkan gaya ini begitu berpengaruh,sampai ke tipe rumah yang paling sederhana sekalipun. Tidak ada yang tahu, sampai berapa lama trend ini akan berlangsung, dan apakah yang mengikuti gaya ini akan ketinggalan zaman, bila arah arsitektur berubah lagi.
Sesungguhnya trend arsitektur yang paling bertahan lama adalah gaya arsitektur yang mengikuti keunikan pemilik bangunan tersebut beserta seluruh kondisi di mana karya arsitektur itu berada. Hal ini terlepas dari karya itu mengikuti tren atau tidak. Dengan desain yang menjawab berbagai kebutuhan pemilik dan lingkungan, maka desain itu dapat bertahan lama. 
Yang menjadi pertanyaan berikutnya, benarkah desain minimalis mampu menjawab banyak keunikan tersebut? Seandainya mampu bertahap dan terus dikembangkan berkelanjutan, mungkinkah gaya desain ini akan bertahan lama, atau hanya menjadi obyek jualan pengembang saja? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar anda disini

LINTAS DIMENSI melayani jasa desain dan perhitungan anggaran bangunan (rumah) secara online dengan anggaran yang terbatas. dengan pengalaman team lebih dari 10 tahun, kami dapat membantu anda mewujudkan impian memiliki rumah impian anda. Info lebih lanjut Klik Disini