Senin, 05 Januari 2015

on
Dalam perencanaan desain rumah tinggal, baik yang konvensional, maupun yang minimalis, kita sering dihadapkan kepada masalah biaya yang cukup besar. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melalukan penghematan dalam pembangunan rumah, sehingga biaya yang dianggarkan bisa lebih murah. Tipsnya adalah sebagai berikut :

  1. Rencanakan dengan matang pada tahap desain awal. Perencanaan yang matang meminimalis bongkar pasang dan kesalahan dalam pembangunan.
  2. Gunakan perencana, baik arsitek atau ahli sipil yang berpengalaman.
  3. Disiplin dalam anggaran yang telah dibuat bersama dengan perencana, RAB yang dibuat perencana penting untuk memilah bahan bangunan yang diperlukan. Jika material terlalu mahal, kita bisa diskusikan dengan perencana material penggantinya.
  4. Buat konsep ruang simetris dan sederhana, sehingga menghemat perencanaan struktur.
  5. Kurangi penggunaan sekat permanen.
  6. Kurangi hiasan /ornamen yang memakan biaya besar.
  7. Gunakan material alternatif misalnya rangka baja, untuk rangka atap atau kusen aluminium sebagai pengganti kusen kayu. Meskipun sekilas harga  bahan tidak jauh berbeda, tapi waktu pengerjaan jauh lebih cepat, sehingga biaya tukang jauh lebih sedikit.
Demikian beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghemat anggaran biaya pembangunan rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar anda disini

LINTAS DIMENSI melayani jasa desain dan perhitungan anggaran bangunan (rumah) secara online dengan anggaran yang terbatas. dengan pengalaman team lebih dari 10 tahun, kami dapat membantu anda mewujudkan impian memiliki rumah impian anda. Info lebih lanjut Klik Disini